Polisi Tabanan Berhasil Meringkus Pelajar SMP Pelaku Aksi Pencurian di 18 Toko dan Warung

banner 120x600
banner 468x60

Tabanan, News PATROLI.COM

Kepolisian Sektor (Polsek) Marga Polres Tabanan menangkap seorang pelajar SMP berinisial SY (14) karena melakukan aksi pencurian di sejumlah toko dan warung.

banner 336x280

Dari pemeriksaan sementara, SY mengaku sudah melakukan aksinya di 18 toko dan warung. Kerugian akibat perbuatannya itu mencapai Rp 26,2 juta.

Kasi Humas Polres Tabanan, Iptu Nyoman Subagia, membenarkan pengungkapan kasus pencurian tersebut.

Kepolisian Sektor (Polsek) Marga menangkap seorang pelajar SMP berinisial SY (14) karena melakukan aksi pencurian di sejumlah toko dan warung.

Dari pemeriksaan sementara, SY mengaku sudah melakukan aksinya di 18 toko dan warung. Kerugian akibat perbuatannya itu mencapai Rp 26,2 juta.

Kasubag Humas Polres Tabanan, Iptu Nyoman Subagia, membenarkan pengungkapan kasus pencurian tersebut.

“Saat ini dalam proses pemeriksaan Polsek Marga,” kata Nyoman Subagia, Senin (23/1/2023).
Dari hasil pemeriksaan sementara, lanjut Subagia, sebagian besar toko atau warung yang menjadi sasaran aksi pencurian oleh SY berada di sekitar Pasar Marga.

Ia menjelaskan, SY ditangkap pada Jumat (20/1/2023) malam setelah gagal melakukan aksi pencurian di Warung Bu Adi di dalam Pasar Marga.

Aksi pencurian itu dilakukan sekitar pukul 21.00 Wita dengan cara membuka rolling door warung tersebut.

Namun rencana SY untuk mencuri di warung itu gagal karena ketahuan warga. Keberadaan SY di depan warung itu kemudian dilaporkan ke Polsek Marga.

Petugas Polsek Marga yang memperoleh informasi itu langsung ke lokasi kejadian untuk melakukan penangkapan. SY sempat berusaha kabur lewat pintu belakang warung tersebut.

Polisi kemudian melakukan pencarian di sekitar pasar hingga menemukan ada satu unit sepeda motor mencurikan yang diparkir depan salah satu toko di sebelah utara pasar.

Setelah menunggu beberapa menit, SY yang merupakan pengendara sepeda motor itu datang. Karena keberadaannya dan sepeda motornya mencurigakan, SY kemudian dibawa ke Polsek Marga dan menjalani interogasi.

“Pemilik sepeda motor itu (SY) datang dan bertanya “ada apa pak?”. Petugas yang menunggu sepeda motor itu menjelaskan ada orang yang dicurigai masuk ke dalam pasar. Kemudian petugas balik tanya ke orang itu (SY) mengenai siapa pemilik sepeda motor. Orang itu (SY) bilang saya,” ungkap Subagia.
Dari interogasi itulah, SY akhirnya mengakui aksi pencuriannya. Apalagi dalam beberapa bulan terakhir, beberapa toko dan warung di pasar tersebut menjadi sasaran pencurian.

Terakhir pada saat malam tahun baru, Sabtu (31/1/2023), dini hari sekitar pukul 04.00 Wita di toko Luh Manik yang masih berada di areal Pasar Marga.

Saat itu SY diduga masuk dengan cara mencongkel pintu belakang salah satu toko buah. Kemudian masuk melalui ventilasi dan membobol plafon.

“Selanjutnya turun ke Toko Luh Manik melalui ventalasi dan plafon Toko Luh Manik. Kemudian kembali keluar melalui jalur yang sama,” imbuh Subagia.

Dalam laporannya, pemilik toko atas nama I Nyoman Sujana (41) mengaku mengetahui tempatnya berjualan mendapati barang dagangannya sudah berantakan saat membuka pintu toko.

Setelah melakukan pemeriksaan, ia mengaku kehilangan barang dagangan berupa rokok belasan pak rokok dua merek hilang.

Selain itu, ia juga kehilangan uang sebesar Rp 1 juta. Sehingga Sujana mengaku mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta.

Masih dari hasil pemeriksaan sementara, SY mengaku sudah melakukan aksi pencurian di 18 toko dan warung setidaknya selama November 2022 dan Januari 2023.

Barang yang dicuri sebagian besar uang tunai. Nilainya paling kecil Rp 5 ribu hingga Rp 7 juta. Selebihnya barang dagangan seperti rokok beberapa merek.

“Dari pengakuannya sementara, uang hasil pencurian itu dipakai untuk kebutuhan sehari-hari dan sebagiannya untuk beli pakaian. Sejauh ini, pelaku (SY) masih menjalani pemeriksaan di Polsek Marga untuk memastikan apakah ada TKP (tempat kejadian perkara) lainnya yang pernah didatangi pelaku”. Terangnya. (Dedy)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *