banner 700x256

Roadshow di Bojonegoro, KPK Kampanyekan Pencegahan Korupsi Sejak Dini

Roadshow di Bojonegoro, KPK Kampanyekan Pencegahan Korupsi Sejak Dini
banner 120x600
banner 336x280

Bojonegoro – News PATROLI.COM –

Roadshow Bus KPK tiba di Kabupaten Bojonegoro sejak Kamis (6/6/2024) dan akan melakukan kegiatan selama 4 hari hingga Minggu (9/6/2024). Bus besar berwarna biru itu membawa berbagai materi edukasi antikorupsi bagi masyarakat.

Saat ditemui di dalam Bus, Sekretaris Penyuluh Anti Korupsi Jawa Timur, Iin Purwanti menyampaikan ada berbagai buku dalam bus KPK. Mulai buku untuk usia PAUD hingga untuk masyarakat umum, serta film edukasi terkait anti korupsi.

“Sebab Pendidikan anti korupsi itu mulai dari dini, pembiasaan berkata jujur dengan orang tua, membiasakan anak untuk jujur, jadi mulainya dari kita membiasakan,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan Bus KPK berkeliling di berbagai daerah. Dan yang perlu digarisbawahi, bahwa KPK tidak pada ranah penindakan saja tapi juga mengedukasi masyarakat. Fungsinya selain penindakan, yang utama adalah untuk edukasi dan pencegahan.

Baca juga : Gus Muhdlor Perbaiki dan Tinggikan Jalan Prambon

“Bukan untuk sekarang tapi untuk 10 hingga 20 tahun mendatang. Melalui Integritas sehari-hari, menanamkan dan membiasakan itulah PR besar pada orang tua,” jelasnya.

Untuk sehari-hari, orang tua bisa memberi contoh bagi anak. Jika anak sudah menginjak bangku kelas 3 keatas, orangtua baru mengarahkan. Pondasinya adalah kejujuran melalui pendidikan karakter dan integritas. Ada 9 pendidikan karakter yang harus diterapkan yakni Jumat Bersepedah Kaka (jujur, mandiri, adil, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, adil, kerja keras).

“Gratifikasi dan suap itu basic-nya dari tindak perilaku korupsi, jika dibiasakan tidak jujur dari dini, akan memacu tindakan korupsi,” pungkasnya. (eko/*)

Baca juga berita lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *