banner 700x256

Sebanyak 201 Rumah di Kecamatan Talang Padang Mendapatkan Bantuan Material dari Pemkab Tanggamus

Sebanyak 201 Rumah di Kecamatan Talang Padang Mendapatkan Bantuan Material dari Pemkab Tanggamus
banner 120x600
banner 336x280

Tanggamus – News PATROLI.COM –

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus bergerak membantu warga yang terdampak bencana, dengan menyerahkan bantuan berupa material kepada warga di Pekon Sinar Semendo, Kecamatan Talangpadang.

Bantuan yang menyasar kepada masyarakat yang terdampak banjir bandang ini diserahkan langsung oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Edyan M. Toha, pada Sabtu (8/6).

Kepada media ini, Edyan Toha mengungkapkan, bahwa bantuan material yang diserahkan berupa semen, bata, dan pasir. Material-material ini akan digunakan untuk memperbaiki rumah-rumah warga yang rusak akibat banjir bandang yang terjadi beberapa hari sebelumnya.

“Penyerahan bantuan ini juga didampingi oleh sejumlah pejabat terkait, termasuk Kepala Bidang Permukiman Dinas PUPR Agus Lako, Kepala Bidang BPBD Nugroho, Camat Talang Padang Amin, serta perangkat pekon setempat,” ungkapnya.

Ia menyebut, bencana banjir bandang ini telah menyebabkan kerusakan yang signifikan di wilayah tersebut, 9 unit rumah yang hanyut atau hilang akibat bencana ini, terdiri dari 8 unit rumah di Talang Padang dan 1 unit rumah di Kota Agung Barat.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus merencanakan bantuan material senilai Rp 7 juta untuk setiap rumah yang hilang. Selain rumah yang hilang, sebanyak 50 unit rumah mengalami kerusakan berat.

Untuk rumah-rumah ini, pemerintah memberikan bantuan material senilai Rp 5 juta per rumah, yang terdiri dari pasir sebanyak satu truk, semen sebanyak 27 sak, dan bata sebanyak 3500 buah.

Baca juga : Overstay, Kanim Singaraja Deportasi WNA Asal Rusia

Rumah yang mengalami kerusakan sedang berjumlah 37 unit, dan setiap rumah akan mendapatkan bantuan material senilai Rp 2 juta berupa pasir sebanyak dua kubik, bata sebanyak 1200 buah, dan semen sebanyak 8 sak.

Sedangkan untuk rumah-rumah yang mengalami kerusakan ringan, yang berjumlah 105 unit, pemerintah memberikan bantuan senilai Rp 1,2 juta per rumah. Bantuan ini berupa pasir satu mobil L300, bata sebanyak 1000 buah, dan semen sebanyak 5 sak. Secara keseluruhan, total rumah yang mendapatkan bantuan material dari pemerintah berjumlah 201 unit.

Edyan Toha menegaskan bahwa karena banyaknya jumlah material yang dibutuhkan, maka penyaluran bantuan akan dilakukan secara bertahap.

“Mengingat banyaknya jumlah total material yang dibutuhkan, maka bantuan akan disampaikan secara bertahap tergantung kedatangan material,” terang Edyan.

Banjir bandang yang melanda Pekon Sinar Semendo dan sekitarnya ini terjadi pada Sabtu (25/5). Kejadian ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada pukul 20.00 WIB.

Sungai yang melintasi wilayah tersebut meluap dan menyebabkan banjir bandang yang merusak rumah rumah warga, Pemerintah kabupaten Tanggamus berkometmen untuk terus memberikan bantuan dan dukungan terhadap masyarakat yang terdampak bencana. (Iriyanto)

Baca juga berita lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *