banner 700x256

Lestarikan Mata Air, Masyarakat desa Kesik Menggelar Ritual Nunas Nede

banner 120x600
banner 336x280

Lombok Timur, News PATROLI.COM

Masyarakat desa Kesik menggelar ritual Nunas Nede. Ritual ini merupakan ritual yang diadakan masyarakat tani jelang musim tanam. Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur atas anugerah Tuhan berupa hasil pertanian yang melimpah serta ritual tolak bala untuk musim tanam berikutnya. Ritual ini diselenggarakan, Ahad (18/12) di Taman Wisata Tirta Ratu, Kesik.

Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy yang mengawali pidatonya dengan sebait tembang, saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan selain memiliki ragam budaya yang mempesona, Lombok Timur juga memilik adat-istiadat sakral yang dapat dibanggakan. Hal itu merupakan wujud pengabdian hamba kepada sang khaliq dan wujud bakti manusia kepada manusia yang lain.

Bupati menguraikan sejumlah ritual adat  desa di Lombok Timur, misalnya saja Sembalun dengan Ngayu-Ayu, Sambelia dengan Selametan Otak Reban, Pringgabaya dengan Rebo Bontong, hingga di wilayah pesisir seperti Labuhan Lombok dan Labuhan Haji dengan  selametan laut. Ritual-ritual tersebut menurutnya tak beda jauh dengan Nunas Nede.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *