banner 700x256

Mengenal Lebih Dekat Situs Candi Dermo di Kabupaten Sidoarjo

banner 120x600
banner 336x280

Candi Dermomerupakan sebuah situs dari masa klasikHindu-Buddhayang terletak diKabupaten Sidoarjo,Jawa Timur. Situs ini memiliki beberapa peninggalan purbakala seperti bangunancandi, serta beberapa benda seperti pahatanreliefdan blok-blok batu.

Lokasi

Candi Dermo terletak di Dusun Santren,Desa Candinegoro,Kecamatan Wonoayu,Kabupaten Sidoarjo,Provinsi Jawa Timur. Pada situs ini, batas utara berbatasan dengan sebuahmusala, bagian barat, selatan dan timur berbatasan dengan permukiman warga.[1]

Di utara Candi Dermo terletak daerah Terung, yang tercatat dalamprasasti Canggu(1280 Çaka, 1358 M) dan beberapa catatan lain sebagai salah satu pelabuhan dan penyeberangan diBengawan Brantas.[2]Belum diketahui hubungan candi ini dengan pelabuhan Terung.

Sejarah

Catatan mengenai Candi Dermo yang pertama dapat dilihat pada laporanBelandayang ditulis pada tahun19051913dan19141915. Untuk mengetahui kapan dan siapa yang membangun candi ini belum dapat dipastikan dan diketahui, sebab belum ada sumber secara tertulis atau angka tahun yang menyebutkannya. Hanya saja dari segi bangunannya para ahli menduga candi darmo berasal dariabadke 14.[1]

Arsitektur

Secara keseluruhan, Candi Dermo merupakangapurayang berbentuk garuda padu raksa. Dalam ilmuarkeologi, garuda padu raksa adalah gapura yang bagian atasnya (atap) menjadi satu. Penyebab Candi Dermo disebut sebagai gapura adalah karena adanya gapura lain yang bentuk atasnya terpisah seolah – olah ditarik ke kanan dan ke kiri. Bentuk gapura yang atapnya terpisah seperti itu disebut candi benta atau gapura bela. Gapura ini serupa denganGapura Bajang Ratubekas peninggalan kerajaanMajapahityang ada diTrowulan. Pintu masuknya mengarah pada poros barat dan timur dari bagian – bagian yang tersisa untuk diketahui bahwa dulunya gapura ini mempunyai pagar tembok atau sayap.
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Dermo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *